INTERNALISASI PENDIDIKAN NILAI DALAM KEGIATAN “LIVE IN”

Oleh : Novianto

Pendidikan Nilai di masyarakat pada generasi  millenial saat ini dirasa sangat dibutuhkan ditengah arus globalisasi yang sangat kencang terutama yang dialami oleh remaja saat ini yang menghadapi Revolusi Industri 4.0. Ditengah tantangan-tantangan yang ada dirasa dibutuhkan suatu program yang terintegasi secara holistik yaitu berinteraksi dan merefleksikan pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan di lingkungan masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut SMA Citra Cemara berkomitmen memasukan pendidikan nilai dalam bentuk sebuah kegiatan “Live In”  khususnya pendidikan nilai yang bersumber dari masyarakat, dimana masyarakat  sebagai salah satu Tri Pusat Pendidikan selain keluarga dan sekolah.  Kegiatan “Live In” sebagai hidden curiculum dalam satuan pendidikan SMA Citra Cemara sebagai Program unggulan non-akademik.

Tujuan  kegiatan “Live In” ini  Mengajak siswa-siswi agar semakin mampu menemukan dan mensyukuri nilai-nilai kehidupan yang diberikan Tuhan pada diri, menumbuhkan sikap hidup sederhana, bekerja keras, gotong royong, bertanggung jawab, tolong menolong, peduli dengan lingkungan, bekerjasama, sikap hidup mandiri, saling menghormati dan sikap hidup Jujur, menanamkan nilai-nilai hidup dan menentukan prioritas nilai hidup dalam siswa-siswi, mengajak untuk mengeksplorasi nilai-nilai sosial & budaya masyarakat, melatih dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, bahasa dan budaya (IPTEKSOSBUD) yang diperoleh di bangku sekolah untuk diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, melatih dan mengembangkan softskills.

Live in perdana bagi SMA Citra Cemara  ini diadakan di Kampung Bukanagara, Desa Cupunagara Kec. Cisalak Kab Subang Jawa Barat, dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 12 April 2019.  Kegiatan ini diikuti oleh 49  siswa-siswi  kelas X, XI SMA Citra Cemara  dan didampingi oleh 7 guru pendamping. Ke-49 siswa-siswi  di bagi dalam kelompok kecil dan tinggal di dalam 16 keluarga. Di Hari Pertama siswa-siswi SMA citra cemara mendapatkan pengalaman pertama merea berkenalan di pemilik rumah, serta di sore hari berinteraksi dengan Karang Taruna Bukanagara dalam sebuah pertandingan persahabatan Bola Voly. Selama 4 hari, para siswa mengikuti rutinitas di rumah keluarga baru mereka. Sebagian besar para siswa-siswi mendapat kesempatan untuk belajar di ladang/sawah untuk menanam sayuran, memetik teh, kopi. Ada pula yang belajar membantu memasak, menggembala hewan ternak. Kegiatan Live Ini juga siswa-siswi mendapatkan kesempatan dengan berkunjung ke PTPN 8, Curug Cikaruncang. Di Malam terakhir siswa-siswa mendapatkan untuk makan bersama “botram” dengan masyarakat Bukanagara sebagai malam perpisahan setelah 4 hari bersama-sama sebagai keluarga.

Semoga kegiatan ini menjdi pengalaman hidup yang sangat berharga bagi para siswa-siswi, guru dan terlebih bagi keluarga-keluarga yang ditinggali oleh para siswa. Pengalaman baru ini tentu menjadi hal yang sangat berkesan bagi para siswa-siswi. Semoga pengalaman ini juga menjadikan para siswa semakin mampu mengahargai hal-hal sederhana dalam hidup yang mungkin selama ini tidak pernah mereka temukan.